Kegalauan by Mohammad Yasser Fachri. Re-posted by Iqraa A.

Kegalauan

Suatu ketika, dalam kegalauan perasaan akibat ujian hidup, Rasulullah saw datang ke masjid. Nabi melihat Bilal ra dan berkata, “Wahai Bilal, Senandungkanlah adzan bagi kita, agar kita bisa beristirahat dari segala hiruk pikuk dunia ini.” (HR Abu Dawud).

Dalam menjalani kehidupan, Rasulullah saw tidak luput dan merasakan berbagai kegalauan dan kesusahan layaknya seorang manusia biasa. Kegelisahan dan kegembiraan maupun kesempitan dan kelapangan selalu silih berganti sebagai pertanda roda kehidupan terus berputar.Tak pernah ujian itu mengguncangkan diri Nabi sedikitpun. Ujian adalah sunnatullah, bahwa dunia ini adalah tempat ujian dan tak seorang manusiapun luput darinya. Allah ‘Azza wa Jalla ingin selalu melihat bagaimana seorang hamba-Nya berproses dengan ujian yang diberikan. Apakah ia terguncang? Apakah ia sabar?

Ketika Nabi saw tertimpa oleh sebuah kesulitan, maka sebuah doa selalu terlontar dari lisannya. “Ya Hayyu ya Qoyyum birahmatika astaghiist (Wahai Yang Maha Hidup dan Maha Mengurus makhluknya, dengan rahmat Mu aku meminta pertolongan)” (HR At Tirmidzi).

Seorang teman bertanya, “Apakah yang mendasari seorang hamba untuk dapat sabar disetiap ujian yang Allah berikan kepadanya?”

Hamba itu menjawab, “Tidak buruk sangka terhadap apa yang Allah tetapkan. Sabar hanya dapat diraih jika di dalam hati selalu ada sangka baik kepada Allah sebagai Rabb Yang Maha Agung.”

Allah berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Sesungguhnya Allah berserta dengan hamba-hamba-Nya yang sabar.” (QS Al Baqarah 153)

Wallahu ‘Alam Bissawab

(M. Fachri)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: