Furqan by Mohammad Yasser Fachri. Re-posted by Iqraa A.

Furqan

“Hai orang-orang yang beriman, jika kamu bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia akan memberi kepadamu furqan dan menghapuskan segala kesalahan-kesalahan-mu dan mengampuni-mu. Dan Allah mempunyai karunia yang besar.” (QS Al Anfaal [8]:29)

Seorang teman pernah bertanya, apakah yang paling mahal dalam hidup ini? Apakah kehidupan yang dipenuhi dengan kesejahteraan? Kelapangan? Kemuliaan? Ataukah ketentraman?

Allah ‘Azza wa Jalla menjelaskan disebuah ayat-Nya yang mulia, ketika seorang hamba-Nya bertaqwa kepada-Nya, Allah akan memberi ‘furqan’ yaitu sebuah petunjuk (hidayah) untuk membedakan yang benar dari yang salah ataupun memilih sebuah kebaikan yang membawa kepada kemaslahatan daripada keburukan yang menimbulkan kemudharatan. ‘Furqan’ jualah yang menjadi penerang dalam gelapnya jalan kehidupan yang dipenuhi godaan akan kemaksiatan untuk selalu menapaki jalan-Nya yang lurus.

Setiap detik ataupun menit ataupun jam dari kehidupan yang dijalani, seorang hamba selalu berada dipersimpangan untuk menentukan atau memilih sesuatu yang akan mempengaruhi kelangsungan tahapan berikut dari kehidupannya. Ia harus memutuskan apa yang diyakininya dalam sebuah kehidupan yang sarat dengan kepentingan duniawi dan penaklukan diri. Bukankah kita membutuhkan anugerah dari Rabb Yang Maha Agung berupa ‘furqan’ untuk menguatkan pilihan kita?

Furqan membutuhkan kebeningan hati dan kebeningan hati akan terwujud ketika ketaqwaan bersemai dalam diri seorang hamba. Rasulullah saw menyampaikan, “Ada sekerat daging dalam tubuh seorang hamba, jika ia baik, maka baiklah seluruh tubuhnya dan jika dipenuhi oleh noda karena dosa yang hamba itu lakukan, maka buruklah seluruh tubuhnya. Sekerat daging itu bernama ‘Qalb’ (hati) (HR Bukhari dan Muslim)

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman, “…Dan ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah membatasi antara manusia dan hatinya dan sesungguhnya kepada-Nya lah kamu akan dikumpulkan. (QS Al Anfaal [8]:24)

Wallahu ‘Alam Bissawab

(M. Fachri)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: